MEMAHAMI GRAFIKA KOMPUTER DAN PEMAKAIANNYA
A. Grafika
Komputer
Grafika
komputer merupakan salah satu bidang ilmu komputer yang perkembangannya
terbilang sangat pesat. Penggunaan
grafika komputer sangat terasa manfaatnya hampir di seluruh kegiatan, terutama
yang berhubungan dengan komputer. Pada
kenyataannya, sebagian besar kegiatan manusia memanfaatkan grafika
komputer. Indsutri film, televisi,
desain grafis dan arsitektur adalah beberapa contoh kegiatan yang banyak sekali
memanfaatkan grafika komputer. Bidang ilmu murni seperti Fisika, Matematika,
Kimia dan Biologi pun merasakan manfaat dari grafika komputer. Bidang-bidang tersebut memanfaatkan grafika
komputer untuk visualisasi model-model objek yang secara kasat mata mustahil
terlihat seperti; atom, sel dan bakteri.
Bahkan perkembangan bidang-bidang tersebut menjadi semakin cepat, karena
para ilmuwan semakin berani melakukan eksperimen tanpa takut melakukan
kesalahan yang mengakibatkan kerugian besar, sehingga mereka dapat menghasilkan
penemuan-penemuan baru.
Pada
saat ini industri film dan game adalah yang betul-betul telah merasakan manfaat
dari grafika komputer. Saat ini, film
yang digemari bukan lagi film-film kartun, tetapi film animasi yang menggunakan
teknologi 3D(tiga dimensi). Dengan
grafik 3D(tiga dimensi), dapat dihasilkan suatu objek yang menyerupai bentuk
aslinya. Hal yang sama terjadi pada
industri game. Jika dulu game-game yang
digemari masih dalam bentuk dua dimensi (2D), dengan teknologi yang ada
sekarang dapat dihasilkan suatu game yang lebih realistis karena sudah dalam
bentuk tiga dimensi.
Bidang-bidang
yang berhubungan dengan grafika komputer sudah menjadi alternatif pilihan
pekerjaan yang banyak diminati di Indonesia, seperti; desain grafis, pengolahan
citra dan digital fotografi. Pada bidang
ini juga, Indonesia tidak mengalami ketertinggalan yang jauh jika dibandingkan
dengan bidang ilmu komputer yang lain seperti jaringan komputer dan
pemrograman. Bahkan banyak ditemui
orang-orang yang sudah sangat ahli pada bidang-bidang yang digelutinya.
B. Manfaat Grafika Komputer
Manfaat
yang dihasilkan dari Grafika Komputer antara lain :
1. Di Bidang Pendidikan
Grafik
komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada
siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya. Dengan
penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua
materi yang telah diajarkan, tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk
dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang, ruang, grafik,
gambar kerangka manusia, susunan tubuh manusia, dan sebagainya. Contohnya :
Desain kerangka manusia
2. Di Bidang Hiburan
Tidak
memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan
grafik komputer. Mulai dari film kartun, iklan di TV dan sampai acara sinetron
sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer. Grafik komputer disini berupa
efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik. Contohnya : Desain Film
Kartun The Smurfs.
3. Di Bidang Perancangan
Pada
bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model
objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur
bangunan, desain kendaraan dan lainnya. Menggunakan software desain grafis
seperti autocad semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam
perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan
menhasilkan suatu model yang sama seperti aslinya. Contohnya : Desain
Arsitektur/Teknik Sipil/Interior
C. Elemen-Elemen Dasar Desain Grafis
1. Elemen Geometri
a. Transformasi dari suatu konsep (atau
suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu
komputer :
- Shape/bentuk
- Posisi
- Orientasi (cara pandang)
- Surface Properties / Ciri-ciri
Permukaan (warna, tekstur)
- Volumetric Properties / Ciri-ciri
volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran cahaya)
- Lights/cahaya (tingkat terang, jenis
warna)
- Dll.
b. Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
- Jala-Jala segi banyak: suatu koleksi
yang besar dari segi bersudut banyak,
dihubungkan satu sama lain.
- Bentuk permukaan bebas: menggunakan
fungsi polynomial tingkat rendah
- CSG: membangun suatu bentuk dengan
menerapkan operasi boolean pada bentuk yang primitif.
2. Titik
Untuk menggambar titik
(point) digunakan perintah point(x,y) dimana nilai x dan y adalah koordinat
pada layar. Sedangkan untuk membuat garis digunakan perintah
lines(x1,y1,x2,y2). Contoh program :
int d = 40;
int p1 = d;
int p2 = p1+d;
int p3 = p2+d;
int p4 = p3+d;
size(200, 200);
background(0);
//Draw line from
location (50,50) until (100,150)
stroke(255);
line(50, 50, 100, 150);
// Draw gray box
stroke(255);
line(p3, p3, p2, p3);
line(p2, p3, p2, p2);
line(p2, p2, p3, p2);
line(p3, p2, p3, p3);
// Draw white points
stroke(255);
point(p1, p1);
point(p1, p3);
point(p2, p4);
point(p3, p1);
point(p4, p2);
point(p4, p4);
3. Garis
Untuk
mengubah warna garis, dapat digunakan perintah stroke(x) atau stroke(r,g,b).
Selain itu ketebalan garis dapat kita atur dengan menggunakan
perintah
strokeWeight(x) dengan nilai x adalah jumlah ketebalan pixel. Jika ingin
merubah tampilan ujung garis, dapat juga kita tambahkan perintah
strokeCap(mode). Mode yang digunakan adalah SQUARE, ROUND dan PROJECT. Contoh
program:
size(200, 200);
background(0);
// Draw white line
standart
stroke(255);
line(25, 5, 175, 5);
// Draw red line
stroke(255,0,0);
line(25, 25, 175, 25);
// Draw Green line with
5 points thicknes
stroke(0,255,0);
strokeWeight(5);
line(25, 50, 175, 50);
//Draw Blue line with
10 thickness and square tip line
stroke(0,0,255);
strokeWeight(10);
strokeCap(SQUARE);
line(25, 75, 175, 75);
4. Lingkaran
Untuk
membuat objek bundar dapat menggunakan beberapa cara bentuk, yaitu ellipse dan
busur. Untuk bentuk ellipse dapat digunakan perintah ellipse(x,y,width,height)
dengan nilai x dan y adalah sebagai pusat ellipse Sedikit berbeda dengan
penggunaan busur (arc). Pada ellipse kita dapat membuat bentuk bundar secara
utuh, namun pada busur kita dapat membuat bentuk bundar hanya sebagian dalam
arti kurva terbuka. Perintah yang digunakan adalah
arc(x,y,width,height,start,stop), x dan y adalah posisi pusat busur, width
adalah lebar dan height adalah tinggi. Penggunan start pada arc adalah posisi
awal penggambaran dan stop adalah posisi akhir penggambaran busur
D. Materi dalam Grafika Komputer
Di
dalam Grafika Komputer, terdapat materi dasar yang wajib dipelajari, antara
lain.
1. Primitive Object
2. Objek 2 Dimensi
3. Transformasi Object
4. Interaksi Keyboard
5. Interaksi Mouse
6. Animasi
7. Object 3 Dimensi
8. Pencahayaan
9. Material dan Tekstur
E. Mengenal library grafis OpenGL
Open
GL adalah suatu library grafis standart yang digunakan untuk keperluan
pemrograman grafis. Selain OpenGL, library grafis yang banyak digunakan adalah
DirectX. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat
ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. dan OpenGL bisa bekerja dalam
lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD dll.
Library
dasar dari openGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk
OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu :
- Glut.h
- Glut32.lib
- Glut32.dll
Cara
Installasi GLUT
Copykan
file glut.h ke dalam folder c:\Program Files\Microsoft Visual
Studio\VC98\Include\GL
Copykan
file glut32.lib di dalam folder c:\ProgramFiles\MicrosoftVisual Studio\VC98\lib
Copykanfile
glut32.dll ke dalam folder c:\Windows\System32
F. Mengenal Pemograman Grafis
Pemrograman
grafis adalah pemrograman yang digunakan untuk menghasilkan gambar paa komputer
menggunakan library yang ada. Teknik-teknik pemrograman grafis ini didasari
oleh teknik- teknik menggambar dengan pemakaian geometri sebagai dasar struktur
datanya. Hasil dari pemrograman grafis adalah visualisasi grafis.
- Struktur dasar Pemograman Grafis
menggunakan bahasa C++
- Struktur Dasar Pemograman Grafis
#include
<GL/glut.h>
Pemrograman
grafis menggunakan OpenGL-GLUT membutuhkan header glut.h yang ada di folder
c:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VC98\bin\GL
void
userdraw(void){
//Disini
tempat untuk menggambar
}
Fungsi
user draw adalah suatu fungsi untuk membuat kode program untuk menghasilkan
suatu gambar.
glutInitWindowPosition(100,100);
glutInitWindowSize(640,480);
Membuat windows dengan
ukuran (640,480) dengan titik kiri atas jendela diletakkan pada posisi
(100,100) di layar komputer.
glutCreateWindow(“Drawing
by Rizky”);
Memberi judul pada
windows dengan “Drawing By Rizky”
glClearColor(1.0,1.0,1.0,0.0);
Mendefinisikan warna
dari windows yang dibuat dengan warna(1,1,1) yaitu warna putih.
gluOrtho2D(-320.,320.,-240.,240);
Mendefinisikan besarnya sistem koordinat dengan
range sumbux adalah [-320,320]. Dan range untuk sumbuy adalah [-240,240].
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan yang telah
dikaji, maka dapat disimpulkan:
1. Pengertian
grafika komputer:
- Grafika
komputer adalah bidang dari komputasi visual dimana penggunaan
komputer akan menghasilkan gambar visual secara sintetis dan mengintegrasikan
atau mengubah informasi mengenai ruang dan visual yang dicontohkan dari dunia
nyata (Wikipedia).
- Grafis
komputer adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari bagaimana membangun grafik
(gambar) baik 2D maupun 3D yang kelihatan nyata dengan menggunakan komputer.
Salah satu bidang grafika komputer yang sangat terkenal adalah desain grafis
(Nana Ramadijanti).
2. Sejarah
perkembangan grafika komputer
- Tahun
1950: Ben Laposky pertama kali menciptakan gambar grafis yaitu osiloskop yang
dihasilkan oelh suatu mesin (analog) elektronik.
- Tahun
1963 Ivan Sutherland, seorang mahasiswa MIT menciptakan program Sketchpad yaitu
sebuah sistem komunikasi grafis manusia dan mesin
dengan fitur-fiturnya adalah: Pop up menu, Penggambaran constraint
based, Pemodelan hirarki, Utilized lightpen untuk interaksi
Ia dipertimbangkan sebagai pendiri
grafika komputer.
- Tahun
1973, John Whitney. Jr. And Gary Demos – “Westworld”, adalah film
yang pertama kali menggunakan grafika komputer.
- Tahun
1984, Waveron tech. –Polhemus, perangkat lunak pertama grafik 3D
- Pada
tahun 1990-an, Gambar 3D renderings menjadi kemajuan utama dan mampu
merangsang aplikasi grafik sinematik. Tahun 1993, University Of Illionis –
Mosaic, Web browser grafik pertama.
- Pada
tahun 2003: ID Software – mesin grafik Doom
3. Penerapan
Grafika Komputer Pada Berbagai bidang Kehidupan antara lain:
1. Dalam
bidang sains, teknologi dan bisnis
2. Dalam
bidang kartografi
3. Pembuatan
sebuah film
4. Dalam
Computer Aided Design (CAD)
5. Dalam
process control
6. Dalam
bidang otomasi kantor dan publikasi elektronis
7. Dalam
bidang seni dan komersial
8. Dalam
bidang antarmuka grafis
9. Game
terima kasih artikelnya sangat bermanfaat :)
BalasHapusMy Blog
My Campus